Pada awal tahun 2000-an, faktanya
game engine mengalami perkembangan yang sangat baik dan signifikan. Buktinya
pada beberapa game engine mulai dilengkapi dengan World editor, sehingga kita
dapat menggunakan juga perangkat lunak lainya seperti 3Dmax atau belende jadi
developer dapat menggabungan antara game engine dengan 3Dmax atau blender dalam
pembuatan sebuah game, sedangkan untuk pembuatan level dunia biasanya
menggunakan game engine yang di rancang tersendiri secara khusus.
Perkembangan game engine
menjumpai beberapa hambatan dan masalaha sepert software ini memudahkan untuk
para developer pemula yang membutuhkan kecepatan dalam membuat produk dan
rancangan mereka, namun dari segi sisi lain perangkat lunak ini dapat membatasi
kreatifitas para developer yang ingin berkreasi lebih jauh, sehingga sebagian
besar para developer yang sudah handal membangun dunia game lewat script dan
tetap puluhan kali lebih powerfull.
Memang terdapat kelebihan dan
kekurangan pada game engine namun beberapa developer berpendapat bahwa world
editor sebagai bagian dari game engine yang tetap memiliki peran yang sangat
penting sebagai alat yang berfungsi untuk mempercepat pembuatan sebuah level
atau dunia. Dengan kata lain game engine sekarang di lengkapi code editor dan
compiler sendiri jadi sekali install bisa langsung untuk membuat sebuah game.
Beberapa game engine yang sudah
terdapat dengan IDE diantaranya seperti UDK, Crysus dan yang kita akan bahas
secara mendetail adalah Unity yang kita bahas selanjutnya.
Referensi Roedavan, Roedavan
(2014). Unity tutorial. Bandung: informatika