Bukti Perkembangan Game Engine

             Pada awal tahun 2000-an, faktanya game engine mengalami perkembangan yang sangat baik dan signifikan. Buktinya pada beberapa game engine mulai dilengkapi dengan World editor, sehingga kita dapat menggunakan juga perangkat lunak lainya seperti 3Dmax atau belende jadi developer dapat menggabungan antara game engine dengan 3Dmax atau blender dalam pembuatan sebuah game, sedangkan untuk pembuatan level dunia biasanya menggunakan game engine yang di rancang tersendiri secara khusus.

         Perkembangan game engine menjumpai beberapa hambatan dan masalaha sepert software ini memudahkan untuk para developer pemula yang membutuhkan kecepatan dalam membuat produk dan rancangan mereka, namun dari segi sisi lain perangkat lunak ini dapat membatasi kreatifitas para developer yang ingin berkreasi lebih jauh, sehingga sebagian besar para developer yang sudah handal membangun dunia game lewat script dan tetap puluhan kali lebih powerfull.


      Memang terdapat kelebihan dan kekurangan pada game engine namun beberapa developer berpendapat bahwa world editor sebagai bagian dari game engine yang tetap memiliki peran yang sangat penting sebagai alat yang berfungsi untuk mempercepat pembuatan sebuah level atau dunia. Dengan kata lain game engine sekarang di lengkapi code editor dan compiler sendiri jadi sekali install bisa langsung untuk membuat sebuah game.
Beberapa game engine yang sudah terdapat dengan IDE diantaranya seperti UDK, Crysus dan yang kita akan bahas secara mendetail adalah Unity yang kita bahas selanjutnya.




Referensi Roedavan, Roedavan (2014). Unity tutorial. Bandung: informatika